Total Tayangan Halaman

Senin, 27 Desember 2010

DAMPAK INVESTASI DI SEKTOR TELEKOMUNIKASI SELULER TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH

Pemanfaatan teknologi komunikasi bagi Usaha Kecil dan Menengah


Kebutuhan komunikasi telah menjadi bagian kebutuhan manusia yang hampir seimbang dengan kebutuhan pokok. Tanpa disadari atau tidak hampir tiap bulan kita harus menyediakan dana untuk biaya komunikasi. Keadaan semacam ini telah dirasakan semua lapisan masyarakat, tidak terkecuali pengusaha yang justru sangat membutuhan investasi di bidang komunikasi. Bagi kalangan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) kebutuhan komunikasi menjadi investasi yang penting untuk kelangsungan usaha.
Pengalaman penulis sebagai Account Officer di sebuah bank yang banyak menangani UKM memberikan gambaran bahwa saat ini pengusaha UKM telah peka terhadap teknologi dan informasi. Meskipun terletak di daerah pelosok namun mereka telah mengenal perangkat komunikasi modern untuk menjalankan usahanya. Berbagai informasi mengenai produk, permintaan barang, perubahan harga serta pemasaran produk UKM dapat diinformasikan melalui telepon maupun internet. Berdasarkan pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa beberapa UKM telah memiliki webside sebagai ajang promosi produk mereka.Kondisi semacam ini tidak lepas dari kemudahan akses informasi yang banyak di tawarkan operator seluler.
Kehadiran beberapa operator seluler di Indonesia dengan berbagai fitur yang disediakan serta tarif yang kompetitif telah meramaikan perebutan pasar pelanggan seluler. Berbagai kemudahan ditawarkan untuk komunikasi pelanggan.
Bagi pelaku UKM investasi di bidang komunikasi sangat diperlukan guna memenangkan persaingan global. Kedepan memang banyak manfaat yang dapat diambil dari kemajuan teknologi komunikasi.
Beberapa manfaat yang dapat diperoleh pengusaha UKM dalam pemanfaatan teknologi komunikasi, antara lain:
1. Sebagai media marketing.
Penggunaan internet dapat mendorong transaksi on line melalui e-commerce. Hal ini memungkinkan pengusaha UKM untuk mempromosikan produk secara on line dan dapat berinteraksi dengan pelanggan melalui internet, meskipun mereka telah memiliki gerai atau toko yang of line.
2. Kemudahan transaksi, efektivitas dan kenyamanan transaksi.
Dengan data yang terintegrasi host to host maka pelanggan dapat melakukan transaksi e-banking. Transaksi ini memudahkan nasabah suatu bank untuk melakukan transfer uang, cek saldo, pembayaran tagihan Telpon, PLN ,kartu kredit dan pembayaran lainya. Hal ini menjawab kebutuhan bahwa keterbatasan waktu selalui dialami oleh pengusaha dalam melakukan aktivitas, untuk itu dengan layanan yang mobile meraka dapat melakukan transaksi tanpa terbatas ruang dan waktu.
Dari berbagai manfaat yang dapat diperoleh pengusaha UKM secara makro keberadaan teknologi komunikasi dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia. Untuk itu peran serta pemerintah sangat dibutuhkan dalam menciptakan iklim yang aman dengan penyediaan payung hukum yang kuat dalam berbagai transaksi. Sudah saatnya pemerintah memberikan kemudahan paket layanan komunikasi yang murah. Semoga kehadiran operator seluler dalam memberikan kontribusi dalam peningkatan layanan komunikasi dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia.

1 komentar:

  1. Komunikasi yang lanacr dan murah selayaknya memang perlu diperhatikan bagi para pihak yang berwenang. Kemudahan ini akan memudahkan para pengusaha UMKM, termasuk para petani di wilayah terpencil, agar bisa membaca situasi makro dan mikro, serta bisa merencanakan ke depan.

    BalasHapus